Daftar Blog Saya

Jumat, 26 Februari 2016

NASEHAT UNTUK ANAK



ANAKKU, BELAJARLAH KECEWA
Pulang sekolah, dengan wajah mendung mb icha menghampiriku dan salaman dengan suara lirih " assalamu'alaykum bunda...".
Aku tahu ada sesuatu yg salah, kubalas salamnya dan kupeluk, tanpa bertanya ada apa,krn aku biasakan anak2 bercerita sendiri masalahnya,membangun kepercayaan mereka trhadapku.
"mb gak mau lg di kelas 3 A nda, mbak mau pindah aja..".
"knapa, mb ? " tanyaku. Lalu mengalirlah ceritanya, hari ini mb icha dicoret sama temen2 kelompoknya dari daftar pengurus perpustakaan sekolah krn mnurut tmn2nya mb icha gak ikut beberes buku. Hari ini juga mb icha yg semula akan dijadikan petugas pengibar bendera untuk upacara hari senin digantikan oleh temennya krn kata ustadzahnya mb icha nunduk terus slama latihan..
"Mb icha kecewa ? " tanyaku hati2. Membulirlah kristal bening dari kedua matanya..kupeluk dan kuelus2 punggungnya, membiarkan gadis kecilku meluapkan emosi negatifnya. Benakku berputar menyusun kata2 yg tepat agar ia bisa memahami bahwa kecewa,kalah,tersisihkan adalah salah satu warna rasa yg akan ia temui dalam kehidupannya..
Sorenya, mb icha menghampiriku "Nda..hati mb kok masih iri ya sama temen2, mb marah karena mereka gak menghargai kerja keras mb..mb tadi ikut beberes buku kok di perpus,tapi mreka bilang mb malas..hiks.." air matanya kembali mengkristal.
Kupeluk, dan kubisikkan padanya.."Sholehah bunda, mgkin teman2 bilang mb malas gak ikut beberes buku, tapi Allah dan MalaikatNya kan melihat dan mencatat dengan adil..Allah maha melihat kalo mb sudah berbuat baik,..dan Allah akan membalasnya dengan kebaikan pula untuk mb..Mb belajar ikhlas kalo dituduh teman2 yg menurut mb icha gak bener ya nak..." ia terdiam,cukup lama memikirkan kata2ku dan kepalanya mengangguk tanda mulai memahami, isaknya mulai berhenti...
"Gimana kalo malam ini kita buat coklat trs besok mb bagikan ke seluruh teman2 sekelas mb dan ajak mreka makan bersama..?" usahaku untuk memperbaiki kondisi hatinya.
" Tetapi mb gak mau bagikan ke shafa, nashwa n gengnya nda...mreka jahat..!"
"hmm..brarti mb pendendam dong..?" tanyaku..mb mulai berpikir dan kmd bilang minta dibuatin 60 bh coklat agar masing2 tmnnya dapat 2.
"kalo 60, brarti shafa, nashwa, monika n gengnya ttp dapet nih..? Pancingku.
"Iya nda, walaupun mb masih marah..tapi kan gak boleh dendam ya nda...besok semua dapat kok nda.." katanya seraya tersenyum n perlahan mulai ceria lagi.
"Masih mau pindah kelas mb...?" pancingku.
"Gak jadi nda...temen2 mbak di kelas 3 A kan sebenarnya baik2 nda, tapi mgkin hari ini aja mreka lagi jahat sama mbak..". Melihat senyumnya, Alhamdulillah lapang terasa dada ini...
Trima kasih ya Allah...hari ini Kau ajarkan anakku warna lain kehidupan untuknya..bahwa selain bahagia, senang dan tertawa..ia akan menemui kecewa, sedih dan air mata. Bahwa ia tak boleh berlari darinya, tapi harus dengan tegar menghadapi...
ditulis oleh bunda Rusmawati Bundanya Icha

Tidak ada komentar: