SKI
KELAS XI SEMESTER GANJIL
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghayati dan meyakini akidah
Islamiyah
|
1.1
Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap
muslim.
1.2
Menghayati nilai-nilai kepribadian dari
para khalifah masa bani Umayah di Damaskus.
1.3
Meyakini sikap
kebijaksanaan khalifah Umar bin
Abdul Azis dalam pemerintahan bani
Umayah Damaskus sebagai
contoh bagi para pemimpin masa sekarang.
1.4
Menghayati perilaku cinta ilmu pengetahuan dari
khalifah Umar bin Abdul Azis.
1.5
Menghayati sikap keberanian dari khalifah Walid bin Abdul Malik ketika
terjadi proses Islamisi di Andalusia.
|
2. Mengembangkan akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya serta menunjukan sikap
partisipatif atas berbagai permasalahan bangsa serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Meneladani perilaku jujur khalifah
Umar bin Abdul Azis dalam pemerintahan bani Umaiyah Damaskus sebgai inplementasi dari
akhlakul karimah.
2.2
Membiasakan bersikap sabar sebagaimana
dicontohkan khalifah Al-Walid.
2.3
Membiasakan perilaku kompetitif sebagaimana dicontohkan oleh khalifah
Muawiyah.
2.4
Meneladani sikap
toleran khalifah Abdul Malik bin
Marwan pada saat interaksi dengan masyarakat.
2.5
Memiliki sikap
semangat mengembangkan ilmu pengetahuan dan
kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam periode
klasik.
2.6
Membiasakan perilaku kreatif,
inovatif, dan produktif dari khalifah –khalifah bani Umayah sebagai implementasi dari sejarah peradaban
Islam di era modern.
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural tentang al-Qur’an, Hadis, fiqh, akidah, akhlak, dan
sejarah Islam dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
dalam memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis proses
lahirnya bani Umayyah
di Damaskus.
3.2
Mengklasifikasi fase-fase pemerintahan
dinasti bani Umayah di Damaskus.
3.3
Menganalisis kebijakan-kebijakan pemerintahan khalifah
pertama bani Umayah Damaskus, Muawiyah bin Abi Sufyan.
3.4
Mendiskusikan
kebijakan-kebijakan
khalifah pada masa pemerintahan Marwan bin Hakam.
3.5
Mendiskripsikan prestasi khalifah-khalifah terkenal dari bani Umayah
di Damaskus.
3.6
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
runtuhnya bani Umayah
Damaskus.
3.7
Mengklasifkasi kelebihan dan kekurangan
sistem pemerintahan bani Umayah.
3.8
Mendiskripsikan proses kodifikasi
hadis pada masa pemerintahan khalifah Umar bin Abdul Azis.
3.9
Menganalisis faktor pemicu munculnya
pemberontakan pada masa pmerintahan
bani Umayah Damaskus.
3.10 Mengidentifikasi proses
perkembangan peradaban ilmu pengetahuan Islam masa
Umayah Damaskus.
3.11 Memahami kontribusi tokoh-tokoh ilmu
pengetahuan pada masa
pemerintahan bani Umayah di
Damaskus.
3.12 Mendiskripsikan
pusat-pusat peradaban Islam
masa pemerintahan bani Umayah
Damaskus.
3.13 Mengidentifikasi
peninggalan–peninggalan peradaban Islam masa pemeritahan bani Umayah.
3.14 Mendiskripsikan
dengan singkat proses berahirnya bani
Umayah Damaskus.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di madrasah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1
Menceritakan proses berdirinya dinasti
bani Umayah.
4.2
Menceritakan profil khalifah Umar bin Abdul Azis.
4.3
Memetakan keberhasilan-keberhasilan
yang dicapai pada masa bani Umayah.
4.4
Menceritakan proses berakhirnya
dinasti bani Umayah.
|
SKI KELAS XI SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghayati dan meyakini akidah
Islamiyah
|
1.1. Meyakini bahwa
berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
1.1. Menghayati
nilai-nilai keipribadian dari khaifah-khalifah masa bani
Abbasiyah.
1.2. Menghayati
sikap adil khalifah
Abu JakfaraMansur dalam pe merintahan bani Abbasiyah sebagai contoh bagi
kepemimpinan pemerintahan sekarang.
1.3. Menghayati perilaku
cinta ilmu pengetahuan
dari khalifah Harun al Rasyid.
1.4. Menghayati perilaku
jujur dari khalifah
Abu Ja’far al
Mansur sebagai inflementasi
dari akhlakul krimah.
|
2. Mengembangkan akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, keluarga, teman,
guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya serta menunjukan sikap
partisipatif atas berbagai permasalahan bangsa serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1. Meneladani perilaku berani khalifah Abu
Abas as-Saffah dalam memberantas musuh-musuh pemerintahan.
2.2. Meneladani
perilaku sabar dari khalifah
Al-Amin sebagai tauladan
dalam masyarakat Islam sekarang dan akan datang.
2.3. Meneladani
perilaku kompetitif khalifah Al Muktasim
sebaga contoh bagi masyarakat
Islam.
2.4. Membiasakan sikap toleran sebagaiman dicontohkan oleh para khalifah
Abbasiyah.
2.5. Memiliki sikap
semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan dan kerja keras
sebagai inplementasi kejayaan
peradaban Islam klasik.
2.6. Menunjukkan
perilaku kreatif, inovatif, dan produktif sebagai implementasi dari
sejarah peradaban era moderen.
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural tentang al-Qur’an, Hadis, fiqh, akidah, akhlak, dan
sejarah Islam dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
dalam memecahkan masalah.
|
3.1 Menganalisis Proses
lahirnya bani Abbasiyah di Baghdad.
3.2 Mengklasifikasikan fase-fase pemerintahan
bani Abbasiyah di Baghdad.
3.3
Menganalisis kebijakan - kebijakan pemerintahan khalifah kedua pemerintahan Abbasiyah (Abu Jakfar al Mansur).
3.4 Mendiskripsikan prestasi kultural masa pemerintahan Harun al Rasyid.
3.5 Memahami
karakteristik umum sistem pemerintahan bani Abbasiyah.
3.6 Menganalisi faktor -
faktor penyebab runtuhnya
bani Abbasiyah.
3.7 Mendiskripsikan proses
berkembangnya ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.
3.8 Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab munculnya pemberontakan–pemberontakan pada masa pmerintahan bani Abbasiyah.
3.9 Mengklasifikasi
perkembangan ilmu pengetahuan
Islam pada masa Abbasiyah.
3.10 Memahami kontribusi tokoh-tokoh ilmu
pengetahuan pada masa
pemerintahan Abbasiyah.
3.11 Mengidentifikasi
pusat-pusat peradaban Islam masa pemerintahan Abbasiyah.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di madrasah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
|
a.
Menceritakan sejarah berdirinya Bani Abbasiyah.
b.
Memetakan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada masa Bani
Abbasiyah.
c.
Memetakan faktor-faktor penyebab kemunduran pada masa Bani Abbasiyah.
d.
Menceritkan sejarah runtuhnya Bani Abbasiyah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar